Informasi Penculikan Anak Beredar di Medsos, Polresta Sidoarjo Tingkatkan Patroli di Sekolah

34 views

(SIDOARJOterkini) – Polresta Sidoarjo dan jajaran terus meningkatkan patroli dan pengamanan di sekolah-sekolah menyusul beredarnya informasi percobaan penculikan anak di wilayah Waru Sidoarjo.

“Kita masih melakukan pendalaman terkait informasi tersebut dan harus kita pastikan dulu,”ungkap Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Senin 25 November 2019.

Ditambahkan Zain, isu percobaan penculikan anak muncul sejak beberapa hari lalu, ada 3 kejadian yg beredar di Medsos. Namun dari informasi yang ada, menunjukkan ciri orang yang dilaporkan berbeda-beda.

“Apakah orang yang diduga menjadi korban penculikan, benar-benar akan diculik atau tidak ini masih dipastikan kronologisnya. Karena ciri-ciri yg diduga pelaku yg disampaikan berbeda-beda. Makanya kami dalami dulu,” jelasnya.

Personel Polresta Sidoarjo, menurut Kombes Pol. Zain Dwi Nugroho juga terus berpatroli dan pengamanan ke sekolah-sekolah dan selalu siaga menyikapi beredarnya informasi tersebut.

“Di beberapa titik rawan, seperti sekolah, perbankan, arena bermain anak, maupun rute yg sering di lalui telah kami plooting personel untuk selalu mobile patroli di sasaran lokasi yg telah ditentukan,” ucap Zain.

Kapolresta Sidoarjo juga telah menghimbau kepada kepala sekolah, orang tua (wali murid) dan guru, agar turut serta mengawasi anaknya. Pastikan keamanannya baik pada saat berangkat maupun pulang sekolah, pastikan siapa yang antar jemput dan benar-benar koordinasi dengan pihak guru atau sekolah. Karenanya mari bersama-sama saling mengawasi mereka. Pihaknya juga telah komunikasi dengan Disdik dan Pemda Sidoarjo utk bersama2 antisipasi beredarnya informasi percobaan penculikan.

” Kita menghimbau kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap informasi yang beredar di media sosial tersebut,”tambah Kapolresta.

Masih Zain, pihaknya meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan orang yang tidak dikenal, hati-hati dalam penggunaan media sosial supaya jangan mudah terpengaruh berita yang belum pasti kebenarannya.

“Selalu awasi buah hati kita saat berada di luar sekolah atau di luar rumah, sampaikan kepada anak-anak kita jangan mau diajak oleh orang tidak kenal,”ujarnya.

Tindakan yang harus dilakukan bila terjadi upaya percobaan penculikan dengan menghubungi Command center Polresta Sidoarjo dan jangan lupa download aplikasi Delta Siap di android untuk mempermudah pelaporan situasi darurat dengan menekan tombol Panic Button yg terhubung ke Command center Polresta Sidoarjo untuk penanganan segera. (cles)

 

Posting Terkait