Wujud Komitmen Berantas Narkoba, Polres Trenggalek Gelar Tes Urine Bagi Anggotanya

37 views

Polres Trenggalek – Kepolisian Resort Trenggalek kembali menunjukkan konsistensinya dalam memerangi Narkoba. Hal ini dibuktikan dengan pemeriksaan urine kepada sejumlah personelnya yang di gelar di Mapolres. Selasa (7/7).

Pemeriksaan urine itu sendiri dilakukan secara mendadak. Satu persatu anggota diminta masuk ke kamar mandi sembari membawa tabung kecil tempat urine dan diawasi secara ketat oleh unit Sipropam.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan, pada dasarnya pemeriksaan urine seperti ini sudah rutin di gelar dengan waktu dan personel secara acak. Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen Polres Trenggalek dalam memberantas peredaran Narkoba.

“Kegiatan rutin tetapi sifatnya mendadak, jadi tidak ada anggota yang tahu sama sekali baik waktu ataupun siapa saja yang akan mengikuti tes urine.” Jelas AKBP Doni

Masih kata AKBP Doni, penindakan tidak hanya bersifat eksternal tetapi juga internal harus benar-benar bersih dari pengaruh Narkoba. Pihaknya menegaskan tidak akan mentolelir jika ada anggotanya yang sampai menjadi pengguna atau terlibat jaringan Narkoba dan memastikan akan menindak tegas.

AKBP Doni menambahkan bahwa jajaran Polres Trenggalek beberapa hari yang lalu berhasil mengungkap peredaran Narkoba jenis Sabu dan menetapkan tiga orang tersangka. Keberhasilan tersebut adalah bentuk konsistensi Kepolisian dalam memberantas Narkoba dan harus didukung dengan anggota yang bersih pula.

Sementara itu Kasipropam Polres Trenggalek Iptu Sanusi, S.H. menuturkan, pemeriksaan urine tersebut merupakan kolaborasi antara Sipropam sebagai ujung tombak displin anggota dengan BNNK Trenggalek yang merupakan garda terdepan dalam penanganan penyalahgunaan Narkoba.

“Hari ini ada 20 personel yang kita periksa urine. Keseluruhan menunjukkan hasil negatif dan tidak ada indikasi zat adiktif maupun Narkoba.” Ungkap Iptu Sanusi.

Lebih lanjut, Iptu Sanusi menegaskan, kegiatan semacam ini akan terus dilakukan dengan tenggang waktu yang berbeda-beda. Tujuannya untuk benar-benar meniadakan keterlibatan personel Polri dalam penyalahgunaan Narkoba khususnya di wilayah hukum Polres Trenggalek.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir mendapingi pemeriksaan diantaranya Wakapolres Trenggalek Kompol Mujito, S.H., M.H., Kabagops Kompol Supiyan, S.Sos, Plt Ka BNNK Trenggalek Kompol Susetya Budi Utama dan tenaga medis yang dipimpin oleh dr. Tri Siswojuwono.

mapolres trenggalek polisi resort trenggalek polres trenggalek

Posting Terkait