Gagasan Subway Dilirik Investor Asing, Wawali Whisnu: Sudah Ada Komunikasi

oleh -32 views

Bangga Surabaya – Gagasan moda transportasi bawah tanah (subway) mulai menarik perhatian investor asing. Sejumlah Negara asing mulai membuka penawaran investasi kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Diantaranya, Inggris, dan Belanda.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana. Bahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan pihak-pihak terkait.

“Saat ini sedang melakukan penjajakan. Sudah ada komunikasi,” kata Wawali Whisnu, Selasa (1/10/19).

Untuk mengimplementasikan langkah itu, Pemkot Surabaya juga tengah menyiapkan Feasibility Studies (FS). Pihaknya menargetkan akhir tahun ini sudah dilakukan.

“Ini masih kita kumpulkan seluruh data untuk kita bikinkan FS nya,” kata pria yang akrab disapa WS ini.

Kendati demikian, ia juga menginginkan agar nantinya proyek itu sudah dapat dimulai pada tahun depan, ada tahap DED (Detail Engineering Design) atau perencanaan fisik.

“Ya kita kebutlah supaya bisa tahun ini, paling tidak tahun depan kita sudah bisa jalan DED dan lain sebagainya,” paparnya.

Diketahui, ide pembuatan transportasi massal ini direncanakan oleh Wakil Wali Kota Surabaya, Whisnu Sakti Buana. Hal tersebut berkaca dari sistem transportasi MRT (Mass Rapid Transit) yang sudah dibangun di Jakarta. Namun konsep tersebut berbeda dengan Subway.

Subway tidak akan meninggalkan moda angkutan umum maupun angkutan online yang sudah eksis. Angkutan umum dan online nantinya bisa mengambil penumpang dari perumahan dan perkampungan menuju terminal Subway.

Pembiayaan angkutan umum seperti angkot, ojek online (Ojol), maupun taksi online akan dihitung per kilometer. (*)

Sumber : Pemkot Surabaya

No More Posts Available.

No more pages to load.