Tingkatkan Mutu Pelayanan Publik, Pemkab Sidoarjo Gelar Kovablik 2020

oleh -15 views

(SIDOARJOterkini) – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo yang menyandang predikat sebagai kabupaten sangat Inovatif, terus melakukan berbagai terobosan untuk selalu menumbuh kembangkan inovasi pada setiap perangkat daerah.

Pemkab Sidoarjo melalui Bagian Organisasi menggelar Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Tahun 2020 yang akan diikuti setiap instansi atau OPD (organisasi perangkat daerah), Puskesmas se Kabupaten Sidoarjo dan seluruh Sekolah SMP Negeri.

“Tiap inovasi yang sudah dibuat oleh instansi perangkat daerah akan di kompetisikan, “One Agency One Innovation” minimal satu perangkat daerah satu inovasi”, ujar Sekda Sidoarjo Ahmad Zaini saat menggelar sosialisasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) 2020, Rabu 22 Januari 2020.

Diungkapkan Zaini, Kovablik ini digelar untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat melalui reformasi birokrasi dengan menumbuhkan budaya birokrasi yang inovatif.

“Inovasi dibuat untuk memangkas proses birokrasi rumit agar berubah lebih efektif dan efisien. untuk itu, setiap inovasi yang dibuat diharuskan memenuhi kriteria,”tambahnya.

Sementara itu Plt Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan,
kompetisi inovasi ini sangat penting dilakukan agar setiap perangkat daerah mengetahui kategori inovasi mana yang paling baik.

“Melalui kompetisi ini diharapkan akan muncul inovasi baru yang unik, responsif, bermanfaat, dapat direplikasi dan berkelanjutan”, katanya.

Masih Nur Ahmad Syaifuddin, tujuan utama kompetisi ini bukan untuk mencari yang terbaik, namun bagaiman inovasi yang dibuat itu memang membawa perubahan dan berdampak besar bagi masyarakat sebagai penerima layanan publik.

“Saya mengharapkan seluruh perangkat daerah ikut berpartisipasi dan wajib mengajukan minimal satu inovasi atau lebih”, tandasnya.

Tahapan kompetisi di mulai dari mengikuti Sosialisasi tanggal 21-22 Januari 2020, kemudian Input Proposal 1 Feb – 31 Juli 2020, Desk Evaluasi bulan Agustus 2020 (Tim Evaluator), Presentasi Top 20 Inovasi bulan September 2020, Visitasi Top 20 Inovasi pada bulan Oktober 2020 dan terakhir pemberian Awarding Top 10 Best Innovation yang akan dilaksanakan pada November 2020.(cles)

No More Posts Available.

No more pages to load.