KPU Surabaya Gelar Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Bersama Partai Politik

oleh -8 views

Hupmas, SURABAYA – Setelah sebelumnya menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) bersama instansi, Rabu siang (16/06/2021), KPU Surabaya kembali melaksanakan rakor bersama Partai Politik di Kota Surabaya.

Nur Syamsi, Ketua KPU Surabaya membuka acara dan menyampaikan bahwa kegiatan pemutakhiran data pemilih ini adalah sebagaimana amanah Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017.

“Setelah sebelumnya KPU Surabaya menggelar rapat koordinasi dengan instansi, kini kami mengundang Partai Politik. Ini sangat penting didalam proses pemutakhiran data pemilih yang akan menjadi acuan mulai dari logistik, jumlah surat suara, serta yang pengguna hak suara dalam Pemilu/Pemilihan,” ungkap Nur Syamsi.

Naafilah Astri Swarist, anggota KPU Surabaya yang membidangi Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi yang mengisi materi Rakor menyampaikan materi kepada perwakilan partai politik yang hadir.

“KPU Surabaya berkoordinasi dan menginformasikan bahwa dalam setiap bulan akan dilakukan rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan dan hasilnya baik berupa rekapitulasi maupun perubahan pemilih akan diumumkan melalui website maupun media sosial KPU Kota Surabaya sehingga masyarakat dapat mengakses,” jelas Naafilah.

Selain itu, Naafilah juga menyampaikan bahwa partai politik dapat terlibat dalam pemutakhiran data pemilih berkelanjutan apabila anggotanya atau konstituen pada Pemilu/Pemilihan sebelumnya belum masuk ke dalam Daftar Pemilih Tetap atau hendak melalukan update/memperbaharui data (Pemilih yang telah meninggal, Pindah Masuk/Keluar) dengan mengisi link/QR Code yang telah disediakan oleh KPU Surabaya.

Link dimaksud sebagai berikut :
1. http://bit.ly/DaftarpemilihbaruKPUSBY bagi masyarakat yang belum terdaftar di Daftar Pemilih.
2. http://bit.ly/daftarpemilihpindahKPUSBY bagi masyarakat yang pindah domisili keluar Kota Surabaya.
3. http://bit.ly/DPBMeninggal bagi keluarga/masyarakat yang hendak melaporkan pemilih telah meninggal.

(guh/esar/hupmas)

Sumber : KPU Surabaya

No More Posts Available.

No more pages to load.