Gelar Vaksinasi Moderna Dosis Pertama untuk Masyarakat Umum, Pemkot Wajibkan Peserta Daftar Terlebih Dahulu

oleh -81 views

Bangga Surabaya – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya terus melakukan berbagai upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Terbaru, pemkot akan menggelar serbuan vaksinasi massal dosis pertama untuk masyarakat umum di Atrium lantai satu Ciputra World Mall Surabaya, Kamis (26/8/2021). Vaksinasi massal itu akan menggunakan vaksin Moderna.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, vaksinasi massal dosis pertama itu akan menggunakan vaksin Moderna. Sebelumnya, vaksin Moderna hanya diberikan untuk Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK). Kini, masyarakat umum juga bisa mendapatkan vaksin Moderna dosis pertama.

“Ini bukan untuk tenaga kesehatan (nakes), berbeda. Ini yang untuk umum,” kata Wali Kota Eri di halaman Balai Kota Surabaya, Rabu (25/8/2021).

Wali Kota Eri menjelaskan, untuk bisa mendapatkan vaksin Moderna dosis pertama, masyarakat diwajibkan mendaftar terlebih dahulu melalui link yang sudah disediakan. Yakni, di laman http://bit.ly/PendaftaranD1Moderna26agt.

“Pendaftarannya sudah dibuka. Mereka bisa mendaftar melalui link yang sudah tersedia,” jelasnya.

Ia menerangkan, pelaksanaan vaksinasi massal itu bakal menyediakan sekitar 2 ribu dosis vaksin. Karena jumlah vaksin terbatas, maka pesertanya juga dibatasi. Sehingga, warga tidak menyerbu ke lokasi vaksinasi agar menghindari terjadinya kerumunan. “Ini kita lakukan biar nanti semua tidak menyerbu ke lokasi. Kasihan kalau sudah datang tapi tidak dapat vaksin,” terangnya.

Senada dengan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh warga untuk menjadi peserta vaksin Moderna dosis pertama. Di antaranya, warga harus ber-KTP Surabaya dan sudah berusia lebih dari 18 tahun. Kemudian, mereka juga belum menerima vaksin Covid-19 sebelumnya.

“Pelaksanaannya dimulai pukul 10.00 WIB di Atrium lantai satu Ciputra World Mall Surabaya. Mereka harus mendaftar terlebih dahulu dan memenuhi syarat yang berlaku,” kata Febria.

Sementara untuk pelaksanaan vaksinasi Moderna dosis ketiga yang berfungsi sebagai immune booster bagi tenaga SDMK, masih terus dilakukan. Pemkot Surabaya menggelar kembali vaksinasi untuk SDMK mulai tanggal 25 – 28 Agustus 2021 di Atlas Sport Center Surabaya.

“Sasarannya itu SDMK yang bekerja di klinik, apotek, laboratorium, dan praktik mandiri perorangan. Untuk SDMK yang bekerja di Rumah Sakit (RS) dan puskesmas, pelayanan vaksinasinya telah dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) masing-masing,” jelasnya.

Ia menambahkan, vaksin Moderna memang memiliki Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang berbeda-beda untuk setiap orang. Meski demikian, ia memastikan bahwa vaksin tersebut aman untuk digunakan.

“Terkait dengan efek pasca vaksinasi memang berbeda untuk setiap orang, yang pasti vaksin Moderna aman untuk digunakan,” pungkasnya. (*)

Sumber : Pemkot Surabaya

No More Posts Available.

No more pages to load.