Kunjungan di Tiongkok, Wali Kota Sutiaji Tertarik Kerjasama Sister City & Ekspor Produk

oleh -149 Dilihat

Malang, Memorandum.co.id –  Kunjungan Wali Kota Malang Drs H Sutiaji ke Kota Nanning, Provinsi Guangxi, menutup lawatannya ke Republik Rakyat Tiongkok, Rabu (14/6). Selama di kota ini, Wali Kota mengoptimalkan waktunya menjajaki kerjasama untuk memajukan Kota Malang.

Wali Kota Sutiaji melirik kesempatan untuk menjajaki kerja sama sister city di bidang pendidikan dan kebudayaan serta membahas terkait potensi ekspor produk Kota Malang dengan Guangxi.
Terkait kemungkinan kerja sama sister city, menurutnya demografi dan situasi di Kota Nanning memiliki sejumlah kesamaan dengan Kota Malang.

Kota tersebut juga memberikan perhatian terhadap pembangunan pendidikan dan kebudayaan yang komprehensif. Ini yang kemudian sejalan dengan fokus Pemerintah Kota Malang dalam meningkatkan kualitas pendidikan.

Tribina Cita Kota Malang merupakan dasar pemikiran membangun Kota Malang yang menghadirkan Kota Pendidikan. Artinya, pembangunan bidang pendidikan menjadi prioritas utama bagi Kota Malang yang kini memiliki puluhan lembaga pendidikan mulai jenjang dasar hingga tinggi.

“Kami berkunjung ke Nanning, ibukota Provinsi Guangxi membuat kami tertarik untuk menjajaki sister city, ada banyak kesamaan. Pendidikan dan kebudayaan di sini terbangun dengan baik.

Mereka juga menjalin kerjasama lintas negara. Kota Malang tentunya membuka ruang untuk kerja sama pengembangan pendidikan dengan negara-negara lain. Tentunya akan ada proses dan prosedur yang harus dilalui,” terang Wali Kota Sutiaji.

Ketika mengunjungi Kota Nanning, Guangxi, Wali Kota Sutiaji bertemu dengan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Guangxi untuk membahas potensi ekspor produk.

“Saya berkesempatan bertemu dengan Ketua Kadin Guangxi. Saya juga dikenalkan dengan seorang dokter spesialis bedah plastik Indonesia, beliau importir kopi. Tadi kami membahas potensi ekspor produk, rupanya luar biasa potensinya. Pasar di sini sangat strategis, sementara komoditas di Kota Malang juga harus kita dorong untuk go internasional,” kata Wali Kota Malang ini.

Diketahui, Guangxi merupakan satu dari lima wilayah otonomi RRT. Guangxi menjadi satu-satunya wilayah di Tiongkok yang menghubungkan ASEAN lewat darat dan laut. Guangxi juga telah lama menjadi pintu gerbang Jalur Sutera Maritim Abad 21 dan Sabuk Ekonomi Jalur Sutera. Sehingga pertumbuhan ekonomi di wilayah ini berkembang dengan pesat.

“Alhamdulillah kunjungan kami ke Tiongkok ini membuahkan banyak hasil. Termasuk hari terakhir ini, kami ke Nanning, Guangxi, melakukan penjajakan kemungkinan kerjasama sister city dan potensi ekspor produk lokal. Mudah-mudahan ini gayung bersambut serta memberikan sumbangsih positif untuk pembangunan daerah di Kota Malang,” jelas Wali Kota Sutiaji. (hms/ari/gus)

Visited 1 times, 1 visit(s) today

No More Posts Available.

No more pages to load.