Tiga Bintang

oleh -380 Dilihat

BINTANG positif. Bintang negatif. Indonesia juga jadi bintang besar di Dialog (pertahanan) Shangri-La pekan lalu. Jenderal bintang tiga Prabowo Subianto jadi salah satu dari tiga bintang di hotel Shangri-La Singapura itu.

Pidatonya menyentak. Tidak hanya basa-basi diplomasi. Isinya pun konkret. Terlalu konkret. Ia usulkan perdamaian model baru di Ukraina. Tiga langkah: lakukan genjatan senjata, ciptakan zona tanpa militer masing-masing sejauh 50 km, lakukan referendum di wilayah Ukraina yang sekarang dikuasai Rusia.

Semua itu, kata Prabowo, harus atas prakarsa Perserikatan Bangsa-bangsa. “Jangan ada lagi perang. Bangsa Asia sudah kenyang menderita karena perang. Tanya Vietnam. Kamboja. Indonesia sendiri,” kata Prabowo.

Mendengar pidato Prabowo itu Eropa seperti digigit serangga: itu sama saja dengan Ukraina diminta menyerah. Eropa tidak bisa menerima usul perdamaian seperti itu.

Sebaliknya Tiongkok. Senang. Dunia memang seperti terbelah: Barat menolak, Timur menerima.

Apakah juga usulan seperti itu yang lagi ditawarkan Tiongkok? Belum tentu. Bahwa Tiongkok senang, setidaknya sudah ada usul yang berbeda dengan pendapat Barat yang kaku: Rusia harus mundur dari Ukraina (bahkan termasuk dari Crimea). Lalu Rusia harus diadili sebagai penjahat perang. Rusia juga harus membayar seluruh kerugian perang –termasuk biaya rehabilitasi fisik-nonfisik di Ukraina.

Barat dan Timur juga berbeda dalam melihat skala perang di Ukraina. “Ini masalah internal Eropa,” ujar Barat. “Ini masalah global,” ujar Timur.

Prabowo menyampaikan pidatonya dalam bahasa Inggris. Pakai teks. Sesekali tanpa melihat kertas. Ia pakai jas dan kopiah. Suaranya menggelegar seperti suara orang setengah marah.

Menteri Pertahanan Tiongkok Li Shangfu pakai bahasa Mandarin. Pakai baju militer. Li yang menolak bertemu menteri pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin (lihat Disway kemarin) ternyata mau bertemu menteri pertahanan Australia. Juga bertemu menteri pertahanan Ukraina.

Menhan Amerika, Tiongkok, dan Australia lebih fokus ke soal Taiwan. Justru Indonesia yang membuat Ukraina jadi fokus. Prabowo menganggap perang Ukraina sebagai masalah global. Dampaknya mendunia: harga energi dan pangan melonjak di semua negara.

Josep Borrell yang mewakili Eropa tampil tepat setelah Prabowo. Borrell langsung berkomentar atas usulan Indonesia. “Damai itu ya damai. Just damai. Bukan damai lewat penyerahan diri,” katanya.

Menhan Ukraina Oleksii Reznikov, juga diundang ke Singapura. Tentu ia marah dengan proposal Prabowo. “Tapi saya mencoba untuk sopan. Usulan itu kelihatannya seperti proposal dari Rusia,” ujar Reznikov.

Ia lantas seperti bosan dengan sopan. “Kami tidak memerlukan mediator yang hanya membawa usulan yang aneh,” katanya.

Di dalam negeri sendiri tokoh PDI-Perjuangan seperti Hasanuddin mempertanyakan: apakah referendum itu usul resmi Indonesia. Juga, apakah sudah dibicarakan dengan menteri luar negeri.

Tentu Dialog Shangri-La hanya sebatas dialog. Bukan forum resmi. Ini dialog masalah pertahanan. Pemrakarsanya pun swasta –sebuah lembaga think-tank Singapura.

Bersamaan dengan dialog itu kapal perang Amerika melintas di selat Taiwan. Kapal perang Tiongkok membuntutinya. Rusia sedang meningkatkan serangan di Ukraina. Yang diserang masih terus membalas.

Sejauh ini memang baru Tiongkok yang serius mengupayakan jalan damai. Utusan khusus Tiongkok mondar-mandir ke lima negara: Polandia, Jerman, Prancis, Ukraina, dan Rusia. Dari situ Tiongkok akan merumuskan usulannya.

Utusan khusus itu bernama Li Hui. Umur 70 tahun. Fasih berbahasa Rusia. Ia memang 10 tahun menjabat duta besar Tiongkok di Moskow. Begitu istimewa. Saya belum pernah mendengar ada duta besar dengan masa jabatan 10 tahun.

Media di Tiongkok menyebutkan prestasi lain: selama Li Hui menjadi duta besar, Presiden Vladimir Putin 10 kali ke Tiongkok. Presiden Xi Jinping 8 kali ke Rusia. Volume perdagangan kedua negara meningkat lima kali lipat.

Itu bisa dikatakan sebagai hasil kerja Li Hui.

Ketika pertama ditugaskan ke Rusia memang itulah misinya: membuat hubungan kedua negara membaik. Saat itu Li Hui menghadapi kenyataan yang berat. Hubungan Tiongkok dan Rusia sangat tegang. Soal Vietnam. Hampir saja pecah perang.

Rusia-Tiongkok tidak punya masalah perbatasan. Tiongkok memang mencatat dalam sejarahnya: sebagian wilayah Rusia di dekat Heihe itu adalah wilayahnya. Hampir seluas Vietnam.

Wilayah itu dikuasai Rusia dalam perang masa lalu tapi Tiongkok sudah tidak mempersoalkan. Hanya mencatatnya. Tiongkok juga mengabadikannya dalam museum perang di dekat kota Heihe.

Saya dua kali ke Heihe. Jauh di Tiongkok utara. Termasuk ke museum perang itu. Saya juga berperahu di sungai besar yang perairannya dibagi dua. Perahu kami hanya boleh berada di air sebelah sini. Sambil da-da ke orang-orang Rusia yang berperahu di air sebelah sana.

Apakah Li Hui akan memihak Rusia? Itulah yang dikhawatirkan Barat. Tapi sebelum jadi duta besar, Li Hui adalah direktur urusan Eropa Timur di Kemenlu Tiongkok. Ia dikenal baik di negara seperti Polandia dan Ukraina.

Xi Jinping berharap banyak padanya. Juga kita semua.

Satu perang di Ukraina saja dunia sudah cawe-caweups, sudah gonjang-ganjing. Bagaimana pula kalau perang di Taiwan juga meledak. (*)

 

Komentar Pilihan Dahan Iskan *

Edisi 6 Juni 2023: Teman Dubai

Mbah Mars

EmBoEn PaGi Dahulu kala, kebodohan dan uang adalah dua hal yang terpisah. Kini, dua hal itu ada pada kebanyakan orang.

 

mzarifin umarzain

EMBUN PAGI, semoga Tuhan sejukkan hati USA & Tiongkok. Saling memberi saja, jangan saling meminta, menuntut.

 

rid kc

Pertemuan di Singapura itu sejatinya adalah pertemuan intelejen seluruh megara di dunia kecuali Rusia yang tidak diundang. Para intelejen membahas perang Ukraina. Begitulah media Rusia memberitakan. Sejatinya. AS lah yang mensponsori pertemuan tersebut. AS tetap ingin menjadi pimpinan intelejen internasional padahal intelejen AS kalah telak dengan FSB Rusia. Buktinya perang Ukraina kalah telak padahal semua kekuatan intelejen AS dan NATO dikerahkan untuk membantu Ukraina. Begitulah AS menghegemoni kekuatan apapun di dunia.

 

Riyono ,SKP

Bagai embun pagi, Yang bening ,jernih. Transparan tembus pandang. Tapi bukan kosong. Bagai angka ‘NOL’ ( 0 ). Bulat,tengahnya kosong.Tapi bukan berarti hampa. Jika minus satu ( -1 ) mengurangi satu. Dan jika plus satu (+1) hanya menambahkan satu. Maka nol dibelakang tak mengurangi (01). Dan nol didepan tidak hanya menambahkan. Bahkan melipatkan sepuluh kali (10). Tidak usah kau tambahkan.(1+0=1).Masih utuh.Sia-sia saja. Jangan juga kau kalikan (1×0=0).Malah musnah. Biarkan saja embun kemana. Entah menetes .Membasuh debu di daun. Atau menambah indah ,memberi kilau pada rerumputan. Atau menguap.Terserap sinar mentari.

 

ACEP YULIUS HAMDANI

Amerika ngeselin, China nyebelin, semua pamer kekuasaan, demi harga diri, puih…..!!!.yang jadi korban negara kecil dan lemah, Sebenarnya mereka itu bersandiwara, pura-pura musuhan padahal dibelakang mereka mesra banget, bagi-bagi wilayah, siapa caplok mana, siapa jerat mana…. Dubai sepertinya untung oleh kondisi ini, tapi kalau lengah Dubai jadi ajang bacakan dua negara ini…..

 

Juve Zhang

Jenderal Li itu kalau lihat pundaknya bintang 3, kenapa di “Lantik” di Disway jadi bintang 4?. Wkwkkw. Militer Tiongkok paling tinggi bintangnya 3. Bintang 4 tak ada disana. Tapi soal perbintangan mereka pasti sudah maju ke depan, perang bintang yg akan pertama muncul yaitu menembak satelit musuhnya. Rusia Amerika Tiongkok punya ber ratus ratus satelit, yg harus ditembak duluan jika perang antara mereka. Itulah keahlian jenderal Li kata Abah. Divisi khusus bagian nembak satelit.

 

Riyono ,SKP

Think-thank? Bukannya think-tank? Semoga bukan typo. Militer jangan melulu bicara tank sebagaimana panser. Perlu juga berpikir ‘thank’.

 

imau compo

Emboen pagi, Dulu, waktu masih banyak lapangan di dekat rumah kakak, saya dapat tugas melatih jalan keponakan yg tidak bisa jalan sejak lahir. Kakinya disuruh melangkah di rerumputan yg berembun. Sesaat, embun, kau menjadi sanfat penting, selalu ditunggu.

 

Jimmy Marta

“Kepemimpinan Amerika Serikat di Indo – Pasific”, itulah judul pidato Lloyd Austin di sesi dialog pertemuan Shangri La Singapura. Sementara pd gilirannya, Li Sangfu menyampaikan pidato tentang misi baru dan inisiatif keamanan negaranya. Dari judul dan temanya saja, kt sudah tahu ‘pertentangan’ kedua negara. Amerika menganggap dirinya pemimpin yg bertanggung jawab terhadap keamanan kawasan Indo Pasific. Dg kapal induk dan armada pengawalnya yg lengkap beserta awak yg siap siaga, Amerika menyebutnya sbg patroli damai. China yg merasa sudah sejajar, ingin merubah pola damai ala Amerika itu. Kepemimpinan Amerika digugat. Patrolinya dipertanyakan. Karena semua terkesan hanya memprovokasi. Ini hegemoni Amerika yg ketemu harga diri China. AS terlanjur mengangkat diri sendiri pemimpin. Sementara China sudah mengangap diri nya sejajar.

 

Leong Putu

Berita perang bikin tegang, perang apa pun. Rusia – Ukraina atau Cina – Taiwan. Berita perang yang satu ini, tidak kalah bikin tegang malah bisa bikin gelisah … wkwkwk… Geli – geli basah atau geli geli mendesah….. Ahhhh….Anda jangan pura – pura, saya yakin Anda lebih tau apa yang saya maksud. Iya, betul…..tebakan Anda benar. Swedia saat ini lagi bikin heboh. Perang dalam bentuk yang lain akan berlangsung di sana, mulai 8 juni 2023 dan akan berlangsung selama 6 pekan. Pendaftaran mungkin masih dibuka, barangkali “perusuh” disway ada yang punya nyali. Perang itu akan berlangsung di Gothenburg, bertajuk European Sex Championship. Nah…Anda benar kan ? Swedia memang negara pertama yang memasukkan Sex sebagai bagian dari olah raga. (Kalau ndak salah lho ya…..) Dalam kejuaraan ini, para peserta terlibat aktifitas sek dengan durasi 6 jam sehari. Dan pasangan sex diharuskan melakukan aktifitas sex minimal 45 menit sampai 1 jam per hari. Sudah itu saja. Saya ndak tertarik daftar. Ohh ya…ada juri dan penontonnya juga lho ya…. Ndak tau, mungkin pemenangnya adalah yang terlama dan tidak hamil. ….udah udah.udah….info lain cari sendiri….

 

Juve Zhang

Jenderal Li Shang Fu kena sangsi Amerika seperti nya bukan beli senjata Rusia tapi peran nya menyuplai senjata ke Rusia, bahkan ada perusahaan swasta Tiongkok juga kena sangsi karena menyuplai data satelit pergerakan pasukan Ukraina,info pergerakan ini di berikan ke pihak Rusia. Mirip Jasa Intelijen komersial, yg di kontrak untuk memasok info tapi ini menggunakan satelit mata mata.

 

Kang Sabarikhlas

Emboen, kau sudah ndak ada diterjang terik cahaya, iniloh tadi berita di tv, Komisi Pemilihan Umum menghapus kewajiban LPSDK (Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye)… enak ya, nanti ada gelontoran dana gede²an… Mungkin benar Abah mengatakan uang seperti air, akan mengalir ke tempat lebih rendah… anu..permisi, saya mau siapkan ember².

 

Handoko Luwanto

“Uang laksana air yg selalu mengalir ke tempat yg lebih rendah”. Koq bisa ? Setelah beberapa saat merenung, akhirnya dapat jawabannya. Uang simpanan mengalir berpindah dari ketinggian Swiss ke dataran Dubai. Uang untuk pembangunan mengucur dari pusat pemerintahan di atas ke daerah. Uang bantuan diserahkan dari tangan di atas ke tangan penerima di bawah.

 

Liam Then

Tahun 2022 total penjualan mobil di Amerika 13.7JT unit. Tiongkok = 23,2jt unit. Eropa = 11,2jt unit Brazil =

 

Juve Zhang

Elon Musk belum lama mengunjungi Beijing dan berbicara dengan menteri . Bukan PM atau Presiden Xi. Rupanya Pasar Mobil Lokal sudah dikuasai merk Lokal sekarang. Tahun 2016 Hyundai menjual 1,8 juta mobil sekarang cuma 385 ribu maka Hyundai langsung buka di Cikarang . FORD tahin 2016 jual 1 juta sekarang cuma 400 ribu. Pasar mobil Lokal Tiongkok sudah berjaya dan sedang ekspansi ke Eropa dan Australia. Mereka sistem nya bukan mendirikan pabrik di Eropa tapi membeli banyak Kapal Raksasa pengangkut mobil. Yg di perbanyak di Eropa itu showroom alias dealer . Satu Pabrikan mobil ratà rata punya Kapal Raksasa sendiri. Inilah gelombang ekspansi Mobil Tiongkok mengikuti Jalan Sutera HP nya yg sudah merambah dunia. Mana mengira dalam 7 tahun pasar mobil lokal bisa menghancurkan pabrik pabrik Raksasa seperti Hyundai Toyota FORD Honda Volkwagen dll bahkan Tesla pun harus rela turun ke peringkat 2 di Tiongkok untuk Moblis. Benar benar persaingan yg super super ketat nama besar dunia Toyota Hyundai Honda Ford GM habis di rujak sama BYD NIO Li auto GM Wuling Xipeng Dll. Benar benar diluar nalar akal sehat di 2016 mereka nama nama besar masih jadi Raja Mobil Di Tiongkok tapi 2022 menjungkir balikan permainan. Makanya PM Jepang ingin Pak Jokowi di photo di Samping PM Kishida karena di Indonesia pasar Toyota Honda Daihatsu Suzuki 97 % abadi di genggaman Jepang. Gak salah pilihan PM Kishida Jepang adalah “Saudara Tua” Indonesia we are brother forever.

 

Johannes Kitono

Air memang selalu mengalir dari tempat tinggi ke rendah sesuai dengan hukum alam. Tapi uang lebih tepat diumpamakan seperti Magnit. Buktinya dikala company banyak atau kelebihan Cash.Setiap hari banyak undangan lunch atau dinner dari para bankir menawarkan pinjamannya. Tetapi begitu Company kesulitan keuangan,berita itu langsung beredar dikalangan Rentenir Resmi tsb.Pelan pelan para bankir akan jaga jarak dengan company yang ada masalah. Apakah mereka salah, kejam dan tidak berperilaku kemanusiaan. Tentu saja tidak karena strategi itu sudah sesuai dengan Policy para Banker. Jangan ambil resiko memberikan loan kepada co yang sedang atau sudah mau kolap. Biarpun co tsb punya hopeng atau kerabat sendiri. Itulah hukum Kapitalis kalau tetap mau survive di dunia bisnis.

 

Er Gham

Emboen di atas kepala brrambut putih akan berbeda jumlahnya dengan yang di atas kepala berambut hitam. Semakin banyak uban, temperatur suhu di kepala lebih panas. Walau sedikit bedanya. Makanya setelah beruban banyak, helai rambut yang rontok semakin banyak.

 

Xiaomi A1

Air yg bisa terbang Air Bus Air yg bisa nyanyi Air Supply Air yg bisa menyehatkan Air Mancur

 

*) Dari komentar pembaca http://disway.id

 

 

 

 

Visited 1 times, 1 visit(s) today

No More Posts Available.

No more pages to load.