Kajati Jatim Menghadiri Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024 di Grahadi

oleh -21 Dilihat

UPACARA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL KAMIS 2 MEI 2024 Kajati Jatim, Dr. Mia Amiati, SH, MH, CMA menghadiri Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 dengan Tema : “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” bersama-sama dengan seluruh Forkompinda yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pj Gubernur Jatim menjadi Irup pada Upacara tersebut.

Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai sosok yang berani karena mampu menentang kebijakan pendidikan pemerintahan Hindia Belanda pada era kolonial. Kebijakan tersebut membuat hanya anak-anak kelahiran Belanda dan orang kaya saja yang dapat mengemban pendidikan. Kritik Ki Hajar Dewantara pada pemerintah kolonial Belanda membuat dirinya harus diasingkan ke Belanda. Setelah menghabiskan waktu pengasingan, dirinya pun membuat Taman Siswa, sebuah lembaga pendidikan yang didirikan di Yogyakarta pada 3 Juli 1922.

Untuk menghormati jasa-jasanya dalam bidang pendidikan, Pemerintah Indonesia melalui Keppres No. 316 Tahun 1959 pada tanggal 16 Desember 1959 menetapkan tanggal lahirnya sebagai Hari Pendidikan Nasional. Hari Pendidikan Nasional adalah hari yang ditetapkan Pemerintah Indonesia untuk memperingati salah satu pahlawan nasional Ki Hajar Dewantara yang merupakan tokoh pelopor pendidikan di Indonesia sekaligus pendiri Lembaga Pendidikan Taman Siswa. Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei pada setiap tahunnya, sesuai dengan hari lahir Ki Hajar Dewantara.

Berkat keberhasilannya dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia, Ki Hajar Dewantara diangkat sebagai Menteri Pendidikan pada Kemerdekaan Indonesia. menjunjung tinggi filosofi pendidikan di Indonesia yakni, Tut Wuri Handayani atau di belakang memberi dorongan. Ki Hadjar Dewantara dikenal dengan Filosofi Tut Wuri Handayani, yang kemudian digunakan sebagai semboyan dalam dunia pendidikan Indonesia. @kejaksaan.ri #kejatijatim #hardiknas2024 #upacara

Visited 1 times, 1 visit(s) today

No More Posts Available.

No more pages to load.