320 Orang Ikut Seleksi Pendaftaran Bawaslu Zona 1 Jawa Timur, Sampang Terbanyak

oleh -275 Dilihat
Logo Seleksi Bawaslu

Surabaya – Masa pendaftaran peserta seleksi calon anggota Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu kabupaten/kota Zona 1 yang meliputi Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, Kabupaten Sumenep, dan Kota Surabaya periode 2023-2028 tercatat 320 pendaftar sampai per Rabu (7/6/2023) pada pukul 17.12 WIB.

Hal ini disampaikan Dr. Bambang Sigit Widodo, S.Pd, M.Pd Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Kabupaten Kota Provinsi Jawa Timur Zona 1, ketika dikonfirmasi.

“Hari ini Rabu (7/6/2023), hari terakhir pendaftaran. Adapun tanggal 8 sampai 10 perbaikan berkas. Lalu tanggal 13 sampai 15 perpanjangan pendaftaran jika belum memenuhi kuota” Ujar Pria yang juga sebagai Dekan Fakultas  Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Menurut Bambang, 320 pendaftar yakni Surabaya 52 orang, Bangkalan 32 orang, Sampang 102 orang, Pamekasan 50 orang dan Sumenep 84 orang. Sedangkan berdasarkan gender, Surabaya terdiri dari 39 laki-laki dan 13 perempuan, Bangkalan 29 laki-laki dan 3 perempuan, Sampang 100 laki-laki dan 2 perempuan,  Pamekasan 48 laki-laki dan 2 perempuan dan Sumenep 79 laki-laki dan 5 perempuan.

“Dari 320 orang itu total terdiri dari laki-laki 295 orang dan perempuan 25 orang. Kami sampai larut malam melakukan verifikasi berkas pendaftar, baik melalui email dan dikirim langsung ke sekretariatan timsel, update ini pada pukul 17.12 WIB” imbuhnya.

Bambang juga menambahkan, jika seleksi pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Zona 1 ini sampai dihari terakhir kemungkinan bisa berubah, dimungkinkan diperpanjang.

“Sangat dimungkinkan untuk kabupaten kota yang belum memenuhi kuota minimal 8 kali jumlah anggota atau 40 pendaftar dan juga yang belum memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan” ungkap Bambang.

Hanya Surabaya sambung Bambang sepertinya yang memenuhi kuota dan keterwakilan 30% perempuan, sedangkan kabupaten lain kuota pendaftar terpenuhi tapi kuota 30% perempuan tidak terpenuhi, dan jika sampai perbaikan berkas data tidak berubah signifikan tentu akan diperpanjang sesuai pedoman dari Bawaslu RI.

“Untuk perbaikan berkas pun tidak banyak, di bawah 20 dan hanya revisi minor berupa data pendukung” paparnya.

Selain itu, ketika ditanya dari para pendaftar tersebut adakah Pertahana yang mendaftarkan kembali ikut dalam seleksi, Bambang secara diplomatis menyatakan dirinya tak hafal nama-nama pertahana yang ikut kembali mencalonkan diri dalam seleksi bawaslu.

“Saya tidak hafal nama-nama pertahana, tanggal 20 pengumuman seleksi administrasi” pungkasnya.

Perlu diketahui, penerimaan pendaftaran Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur Zona 1 dibuka sejak Senin 29 Mei 2023 sampai dengan Rabu 07 Juni 2023.

Visited 1 times, 1 visit(s) today

No More Posts Available.

No more pages to load.