Berlangsung Khidmat, Ratusan Personel Polres Trenggalek Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

oleh -131 Dilihat

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek menggelar upacara bendera di halaman Mapolres. Upacara ini digelar dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh tepat pada hari ini tanggal 1 Juni 2023. Kamis, (1/6).

Dalam upacara yang diikuti oleh seluruh personel Polres Trenggalek dan perwakilan dari masing-masing Polsek jajaran ini, bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Sunardi, S.Pd. Sedangkan Perwira upacara dipercayakan kepada AKP Yoyok Wijanarko yang juga menjabat sebagai Kasatintelkam dan Komandan Upacara Ipda Zainul.

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia yang dibacakan oleh inspektur upacara menegaskan upacara ini meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat sekaligus dasar berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari sebuah rangkaian proses yang dibarengi dengan jiwa besar para founding fathers, ulama, para tokoh agama dan para pejuang kemerdekaan dari seluruh nusantara sehingga bisa membangun kesepakatan yang mempersatukan seluruh rakyat Indonesia.

“Harus diingat bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah Kodrat keberagaman. Takdir tuhan untuk kita adalah Keberagaman. Keberagaman Berbagai etnis, berbagai bahasa lokal, berbagai adat Istiadat, berbagai agama, kepercayaan, serta Golongan bersatu padu membentuk Indonesia. Itulah Bhineka tunggal ika kita, Indonesia.” Ucap Kompol Sunardi.

Lebih lanjut Kompol Sunardi menuturkan, dengan pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Lka, Indonesia bisa terhindar dari masalah radikalisme, terorisme maupun konflik Sosial.

Dengan Pancasila kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri ini. Indonesia Adalah rujukan masyarakat internasional untuk membangun kehidupan yang damai, yang adil, yang Makmur di tengah kemajemukan dunia.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak seluruh anggota dan masyarakat secara luas untuk lebih meningkatkan pemahaman dan pengamalan Pancasila dan mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global. Aktualisasi Pancasila, energi pertumbuhan Indonesia.” Pungkasnya.

Visited 1 times, 1 visit(s) today

No More Posts Available.

No more pages to load.