Pemkot Mojokerto Berikan Bantuan Perlengkapan Sekolah

oleh -344 Dilihat

Mojokerto, Memorandum.co.id – Tahun ajaran 2023-2024, Pemkot Mojokerto melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan memberikan bantuan seragam sekolah gratis untuk siswa SD/MI-SMP/MTs negeri dan swasta. Selain  seragam, pemkot juga memberikan  sepatu dan tas gratis dengan total pagu anggaran mencapai Rp 3,85 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mojokerto Amin Wachid mengungkapkan, pengadaan seragam gratis bakal dibagikan kepada siswa baru yang diterima dari hasil penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Tahun ini, untuk jenjang SD/MI dan SMP/MTs dianggaran sebesar Rp 2,28 miliar dengan total estimasi siswa baru sebanyak 8.905 anak. Setiap anak akan mendapat tiga setel kain seragam. Sehingga, total pengadaan kain seragam mencapai 26.715 setel.

Seragam tersebut terdiri dari setelan seragam nasional, pramuka, serta seragam khas Kota Mojokerto. ’’Nanti akan kita bagikan berdasarkan jumlah siswa baru yang diterima di tahun ajaran ini,’’ terang Amin, Rabu (7/6).

Untuk jenjang SD/MI, Dikbud Kota Mojokerto mengucurkan anggaran sebesar Rp 982 juta yang diplot untuk 2.545 siswa di bangku kelas I. Sedangkan untuk jenjang SMP/MTs disiapkan Rp 1,29 miliar dengan kuota 6.360 siswa yang tertampung di kelas VII.

Di samping itu, tahun ini peserta didik baru juga dijatah sepatu dan tas sekolah gratis. ’’Target sasarannya juga sama, kami berikan untuk peserta didik baru di jenjang SD hingga SMP,’’ tandas Amin.

Dikbud Kota Mojokerto mengucurkan anggaran Rp 424,8 juta untuk pengadaan sepatu dan Rp 373,3 juta untuk tas. Bantuan tersebut akan diberikan kepada 2.545 anak di jenjang SD/MI.

Sedangkan, untuk 6.360 anak juga bakal disiapkan anggaran Rp 431,9 juta untuk pengadaan sepatu sekolah dan Rp 344,5 juta untuk tas sekolah. ’’Nantinya saat  siswa masuk sekolah akan dapat seragam, tas, dan sepatu,’’ ujarnya.

Disebutkannya, pengadaan ketiga paket bantuan perlengkapan sekolah gratis itu kini telah memasuki tahap kontrak melalui e-katalog. Dikbud menargetkan seluruh bantuan bisa tersalurkan setelah PPDB tahun ajaran baru 2023-2024 rampung awal Juli mendatang.(war/gus)

Visited 1 times, 1 visit(s) today

No More Posts Available.

No more pages to load.