Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme dan Patriotisme, Dispusip Kota Surabaya Gelar Nobar Film Sejarah

oleh -438 Dilihat

Surabaya, surabayaterkini – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya (Dispusip) menggelar acara nonton bareng (nobar) film sejarah bertema perjuangan bersama sejumlah pelajar di Kantor Dispusip, Jl. Dukuh Kupang Barat Surabaya.

Kepala Dispusip Kota Surabaya, Mia Santi Dewi, menjelaskan kegiatan nobar film sejarah dan belajar arsip ini sebagai bentuk pengembangan layanan PISA (Pusat Informasi Sahabat Anak) dan juga sebagai bentuk melaksanakan amanat Pasal 36 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan serta untuk menumbuhkan  jiwa nasionalisme dan patriotisme pelajar tingkat SMP di Kota Surabaya.

“Melalui kegiatan ini kami berharap siswa dapat belajar literasi, melalui media film,” ujar Mia Santi Dewi, Rabu (15/02/2023).

Kegiatan ini berlangsung sejak Januari 2023 dan tercatat sebanyak 184 orang peserta mengikuti acara ini. Daftar film yang ditonton oleh peserta adalah film berjudul Koesno: Jati Diri Soekarno, Soera Ing Baja dan Guru Bangsa: Tjokroaminoto. Selain itu, Dispusip juga melakukan sosialisasi kearsipan terkait jenis peyimpanan dan perawatan, wisata arsip, bedah film dan menceritakan kembali terkait informasi yang telah didapatkan dalam kegiatan tersebut.

“Outcome pada kegiatan nonton film sejarah dan belajar arsip yaitu para peserta tidak hanya belajar literasi secara pasif tapi juga aktif dengan dibuktikan adanya tugas hasil dari kegiatan tersebut,” ujarnya.

Kepala Bidang Pengawasan dan Layanan Kearsipan, Dispusip Kota Surabaya, Nani Pertiwi menambahkann, program pemutaran film tersebut sengaja digelar dengan melibatkan pelajar di Surabaya. “Dengan melihat film dan menuliskan pengalamannya. Secara tidak langsung mendorong siswa belajar literasi sekaligus dokumentasi,” ujarnya. (cak)

Visited 1 times, 1 visit(s) today

No More Posts Available.

No more pages to load.