NKRI Melangkah, Kami Mengontrol

oleh -235 Dilihat
Arief Sosiawan – Pemimpin Redaksi

Oleh Arief Sosiawan
Pemimpin Redaksi

Hari ini, Selasa 9 Februari 2021, Hari Pers nasional (HPN). Hari yang paling membahagiakan insan pers. Seperti hari hari besar lain, hari ini menandakan kemuliaan pers.

Sejak dulu pers dikatakan sebagai pilar keempat negara. Disebut pula sebagai fungsi alat kontrol, yang memiliki arti sangat luas, terutama terhadap perkembangan era dan atau lebih tegas sebagai alat kontrol perkembangan sebuah negara, termasuk negara kita negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kontrol terhadap kemajuan negara. Kemajuan dari berbagai sisi, di antaranya seperti kenyamanan dan keamanan berkehidupan bagi rakyat, kebebasan berserikat bagi rakyat, mendapatkan hak kecerdasan, memperoleh jaminan hidup sehat, dan menikmati hasil bumi dan air.

Dan masih banyak lagi fungsi kontrol yang dimiliki pers, terkhusus pada persoalan-persoalan pertumbuhan perekonomian negara yang dipastikan menjadi titik balik kemajuan sebuah negara, termasuk negara Republik Indonesia.

Dengan demikian, pers ikut bertanggung jawab terhadap kemajuan sebuah negara. Pers mengemban amanah dan ikut menjadi “punggawa” atas kemajuan negara. Tegasnya, pers menjadi kunci penting atas dinamika perkembangan dan pembangunan sebuah negara dalam segala lini kehidupan bernegara.

Begitu pula ketika negara sedang mengalami kemerosotan perekonomian, pers tak boleh tinggal diam. Dengan kekuatan yang dimiliki, pers harus mampu ikut menjadi “pengawal” dalam proses pemulihan kemerosotan perekonomian.

Seperti yang terjadi saat ini, akibat Pandemi Covid-19, hampir semua negara, termasuk Indonesia, mengalami kemerosotan perekonomian, tentu pers dituntut lebih profesional dalam menyiarkan informasi-informasi terkait pandemi.

Informasi yang akurat. Informasi yang lugas. Informasi yang mengedepankan narasumber profesional, pasti akan mampu mendinginkan suasana hati rakyat hingga mampu menaikkan kembali moral rakyat di tengah negara yang kini didera keprihatinan akibat Pandemi Covid-19.

Dan, ujung dari yang paling ujung, tentu pers akan menjadi salah satu pilar penting dalam ikut mengembalikan kestabilan negara di tengah keterpurukan perekonomian negara hingga mampu ambil bagian dalam proses pembenahan dan pengendalian kembali perekonomian negara.

Nah merujuk dari fungsi kontrol itu, sangatlah tepat jika peringatan hari pers nasional (HPN) tahun ini, umumnya pers di Jawa Timur dan terkhusus bagi Memorandum, mengangkat satu tema yakni,”Pers Bergerak Bersama Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Jawa Timur Pasca Pandemi Covid-19” menjadi harapan. Sebab, pers siap sebagai akselerator perubahan.

Selamat Hari Pers Nasional, Jayalah Pers Indonesia.(*)

Visited 1 times, 1 visit(s) today

No More Posts Available.

No more pages to load.