Presisi dalam Penegakan Hukum

oleh -286 Dilihat

Tanggal 1 Juli 2022 hari bahagia bagi Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Sudah 76 tahun berlalu, lembaga negara yang bertugas sebagai pengayom dan penjaga keamanan rakyat ini lahir.

Di usia yang tidak muda lagi itu, tantangan demi tantangan telah dilewati. Seperti tantangan menangani corona virus (Covid-19) pun dilewati dengan keberhasilan. Salah satu contoh nyata, bekerjasama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Jawa Timur, sukses penanganan Covid-19 tak lepas dari peran aktif kepolisian daerah Jawa Timur yang dipimpin oleh Kapolda Irjenpol Nico Afinta. Akibatnya, kebahagiaan demi kebahagiaan diperoleh korps berbaju cokelat ini.

Tak hanya itu, prestasi demi prestasi mampu diukir kepolisian negeri ini. Semua terbuktikan sebagai karya nyata ketangguhan kepolisian kita yang tahun ini dalam merayakan kelahirannya mengusung tema “Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh”. Sehingga kualitas maupun profesionalitas kepolisian tak perlu diragukan.

Kini dipimpin Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri, kemampuan menangani kasus apa pun anggota kepolisian kita terjawab sempurna dan profesional serta proporsional. Alhasil, presisi menjadi kata paling tepat disematkan ke aparat kepolisian yang belakangan fokus bergerak membantu proses pemulihan perekomonian nasional.

Meski demikian, profesionalisme kepolisian terlihat tetap dalam jalur utamanya, yakni penegakan hukum. Berbagai kasus hukum diselesaikan secara cepat dan benar sesuai koridor hukum. Tentu hal demikian memantik kepuasan rakyat terhadap kinerja kepolisian.

Nah, sebagai media yang bergelar mitra kepolisian tentu hal ini memicu Memorandum mengangkat sukses kepolisian dalam sebuah rangkaian tulisan di edisis khusus yang diterbitkan hari ini, 5 Juli 2022, sebagai penghargaan setinggi-tingginya dengan tema “digitalisasi Polri untuk penguatan hukum”.

Sebab, digitalisasi yang dijalankan polri di era kekininan menunjukkan kelas berbeda hingga penegakan hukum yang dilakukan mampu memberi peran penting dalam ikut menyelesaikan problem negara akibat pandemi yakni pemulihan perekonomian nasional.

Selamat ulang tahun ke-76 bagi kepolisian, bagimu negara ini tempat mengabdi dan berbakti.(*)

Visited 1 times, 1 visit(s) today

No More Posts Available.

No more pages to load.