Pengurus JMSI Jatim 2022-2027 Resmi Dilantik, Wagub Emil Kampanyekan Klik The Link

oleh -70 Dilihat

Surabaya, surabayaterkini.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak meminta dan mengusulkan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) mengkampanyekan atau menyampaikan ke masyarakat klik the link, artinya kalau ada berita di media sosial dan media massa dibaca terlebih dahulu kemudian disimpulkan dan baru dishare ke teman atau masyarakat lainnya. Bukan dibaca saja caption dan linknya dishare ke masyarakat tanpa dibaca terlebih dahulu.

“Maka itu kami berharap JMSI perlu memberikan edukasi ke masyarakat gerakan klik the link. Hal tersebut bisa menangkal berita hoax dan bohong di tengah masyarakat,”ujar Wagub Emil saat menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan JMSI Jatim periode 2022 – 2027 di hotel Kampi Surabaya, Sabtu (7/1/2023).

Emil yang Mantan Bupati Trenggalek ini, juga berharap media massa online, khususnya anggota JMSI bisa berperan menjalankan fungsi kontrol yang independen dan aktif menyampaikan aspirasi masyarakat. “Kita sebagai pemerintah perlu masukan yang konstruktif dari masyarakat dan ini bisa disuarakan juga melalui media yang bernaung di JMSI,” katanya.

“Saya juga mewakili Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menyampaikan selamat kepada pengurus JMSI Jatim 2022 – 2027 yang baru saja dilantik,”pungkas Emil Dardak yang hadir didampingi sejumlah OPD pemprov Jatim, Kadis Kominfo, BPSDM, dan dirut RSUD Soetomo.

Ketua JMSI Pusat, Teguh Santoso mengatakan, media massa berbasis internet atau media siber harus aktif memberantas berita hoax serta ujaran kebencian, sehingga bisa mengawal perkembangan bangsa kearah yang positif. “Kita betul betul berharap agar media online menjadi faktor yang memperkuat pergerakan bangsa kedepan,” katanya.

Baca Juga :  Kepala BPSDM Jatim Dukung Pelantikan JMSI Jatim

Menurut Teguh, masyarakat harus tercerahkan dengan informasi yang benar dan faktual. Pasalnya, selama ini, maraknya kabar hoax dan ujaran kebencian telah menyebabkan konflik dan perpecahan.  “Tadi sudah saya sampaikan, cukuplah keributan internal sesama anak bangsa karena tidak sabar menghadapi informasi,” ucap Teguh.

Teguh meminta agar media yang tergabung dalam JMSI ikut berperan aktif memberikan  pendidikan dan literasi. Selama ini masyarakat sulit membedakan informasi yang merupakan karya jurnalistik dan informasi yang bukan karya pers.

Dalam kesempatan itu, Teguh mengapresiasi imbauan dari Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak yang menyerukan agar masyarakat melakukan gerakan klikthelink untuk menangkal berita hoax. Selama ini, mereka dinilai sering terprovokasi kabar hoax tanpa mengecek kebenaran sumber informasi yang dibagikan. “Tadi apa yang disampaikan dengan Wagub Emil Dardak saya kira luar biasa gerakan klik the link. Ini bisa dijadikan program bersama juga di JMSI,” katanya.

Teguh juga membuka opsi untuk menjadikan gerakan itu sebagai program JMSI kedepan, agar masyarakat bisa tercerahkan dan mendapatkan informasi yang benar dan akurat.  “Bahkan ini bisa dijadikan tagline JMSI klikthelink supaya orang betul-betul mengedukasi dirinya dengan informasi. Capek sudah sepuluh sampai lima belas tahun terakhir ini ribut atas informasi yang tidak dipahami benar,” ucapnya.

Baca Juga :  SKK Migas Siap Gandeng JMSI Jatim Lakukan Penguatan Media

Teguh Santosa juga mendorong terbentuknya susunan kepengurusan JMSI di kabupaten/kota di Jatim. Langkah itu diperlukan agar masyarakat bisa terbantu dengan ekosistem pers yang sehat dan profesional.

“JMSI dimungkinkan berdiri cabang di tingkat kabupaten/kota, minimal bila ada lima perusahan media siber. Kalau provinsi minimal sepuluh (perusahaan media siber). Target kita bukan kuantitas tetapi kualitas,” kata dia.

SUSUNAN PENGURUS DAERAH
JARINGAN MEDIA SIBER INDONESIA (JMSI)
PROVINSI JAWA TIMUR 2022 – 2027

DEWAN PEMBINA
Ketua : Aries Agung Paewai S.STP., MM.
Anggota : Airlangga Satriagung
Alim Markus
Lutfil Hakim
Mokhamad Kaiyis
Machmud Suhermono

DEWAN PAKAR
Ketua : Dr. Joni Wahyuhadi, dr., Sp.BS (K).
Anggota : Edward Dewaruci, SH, MH.,
HA Nurawi
Dr Jokhanan Kristiyono, M.Med.Com
Ir. HM Ramli, MM

KETUA : Syaiful Anam
Wakil Ketua I (Organisasi) : Wijayanto
Wakil Ketua II (Pendataan Anggota dan Verifikasi) : Riko Abdiono
Wakil Ketua III (Pendidikan, Pelatihan dan Literasi) : Wahyu Kuncono
Wakil Ketua IV (Kerjasama Antar Lembaga) : Yoyok Khayatullah
Wakil Ketua V (Hukum dan Advokasi) : Tri Suryaningrum
Wakil Ketua VI (Pengembangan Bisnis Media) : Heri Sunaryo
Wakil Ketua VII (Pengembangan Konten dan IT) : Nofilawati Anisa

SEKRETARIS : Agus Supriyadi
Wakil Sekretaris I : D.Wahjoe Harjanto
Wakil Sekretaris II : Zainal Ibad
Wakil Sekretaris III : M Aminun Jabir

BENDAHARA : Erfandi Putra
Wakil Bendahara I : Nur Aminin
Wakil Bendahara II : Nyoto Wibowo
Wakil Bendahara III : Budi Purna (cak)

No More Posts Available.

No more pages to load.