Untag Surabaya Beri Pelatihan Optimalisasi Produk UMKM Berbasis Digital ke Warga Segunung

oleh -68 Dilihat
Pendampingan untuk penulisan dan upload naskah pada website

Jombang, surabayaterkini.com – Tim Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya memberikan pelatihan terhadap masyarakat Dusun Segunung Carangwulung Jombang terkait optimalisasi produk UMKM berbasis digital.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran digital bagi produk UMKM di Dusun Segunung Carangwulung Jombang. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas SDM tentang produksi konten dalam website. Sedangkan bagi mahasiswa sendiri untuk memberikan pengalaman dan pembelajaran bagi mereka untuk berkegiatan dan berkarya di luar kampus.

Koordinator pelatihan pendampingan penulisan naskah pada website yang juga menjadi Dosen Ilmu Komunikasi Untag Surabaya, Muizzu Nurhadi, S.S., M.Hum menjelaskan kegiatan ini terbagi menjadi tiga program, yakni pembentukan dan pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Carangwulung, pelatihan dan pendampingan konten kreator Dusun Segunung Carangwulung Wonosalam Jombang, pelatihan dan pendampingan penulisan naskah pada website Dusun Segunung serta pendampingan untuk penulisan dan upload naskah pada website.

Pembentukan dan pendampingan Kelompok Informasi Masyarakat

Pelatihan dan pendampingan penulisan naskah pada website Dusun Segunung digelar Sabtu, (1012/2022) sedangkan pendampingan untuk penulisan dan upload naskah pada media sosial digelar Minggu (11/12/2022).

“Program pendampingan penulisan naskah pada website diikuti 7 orang dari kampung adat Segunung ini untuk meningkatkan motivasi serta kemampuan pengelola website dalam menulis dan memproduksi konten,” ungkap Muizzu.

Sedangkan kegiatan program pendampingan untuk penulisan dan upload naskah pada media sosial yang diikuti 7 orang dari kampung adat Segunung ini untuk meningkatkan motivasi serta kemampuan pengelola website dalam menulis naskah di media sosial.

Bukan hanya itu, tim dari Untag Surabaya juga melakukan pembentukan dan pendampingan KIM Desa Carangwulung di Pendopo Desa Carangwulung pada Jumat, (9/12/2022). Kegiatan ini diikuti perangkat Desa Carangwulung dan pengurus dari masing-masing dusun. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jombang Budi Winarno, S.T., M.Si hadir sebagai narasumber.

Pelatihan dan pendampingan penulisan naskah website

Kegiatan program ini diikuti kurang lebih 15 orang dan seluruh perwakilan dusun sangat antusias dengan kegiatan tersebut. Karena pemahaman tentang KIM belum pernah didapatkan sebelumnya. Hal tersebut juga mejadi salah satu konsentrasi dari Kominfo Kabupaten Jombang agar bisa mengembangkan teknologi informasi yang ada di Desa Carangwulung.

Desa Carangwulung memiliki potensi wisata yang cukup besar melalui pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki mulai dari wisata durian, wisata sumber mata air. Desa Carangwulung juga memiliki potensi ekonomi yang besar karena memiliki produk dan penghasil durian, kopi, dan mata air yang melimpah. Dalam hal ini juga Desa Carangwulung memiliki banyak produk yang telah diproduksi seperti kopi, susu segar, batik, durian, dll.

Teknologi digital seperti website juga telah dibuat dan harus dikembangkan oleh Desa Carangwulung juga Dusun Segunung. Website yang dibuat oleh tim Untag Surabaya berfokus pada Dusun Segunung ini bisa diakses melalui alamat segunung.com dan pasar.segunung.com khusus untuk UMKM.

Kegiatan ini didanai Kemendikbud Ristek Dikti melalui program hibah insentif PKM terintegrasi MBKM berbasis IKU yang diberikan kepada Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. (cak)

No More Posts Available.

No more pages to load.